Instrumen Akreditasi SMP/Mts

7:00 AM

Instrumen Akreditasi SMP/Mts 

Untuk SMP/Mts

Download Bukti Fisik Perangkat Instrumen Akreditasi SMP/Mts 2018 Terbaru yang telah memberikan bimbingan kepada kami dalam melaksanakan tugas dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) sebagaimana diamanatkan pasal 87 Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Dalam rangka menuntaskan Renstra 2010-2014, BAN-S/M telah melaksanakan review dan revisi terhadap seluruh perangkat akreditasi, yang meliputi: Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan SLB.

Instrumen Akreditasi SMP/Mts
Lihat Juga:
Juknis Akreditasi SMP/Mts
Petunjuk Umum Akreditasi SMP/Mts
Kumpulan Silabus dan RPP Kelas 1 - 6
Buku Pembelajaran IPA Kelas 2

Review dan revisi dilaksanakan terhadap empat elemen, yaitu Instrumen Akreditasi; Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi; Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi; dan Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi sebagai satu kesatuan. Namun, review dan revisi terhadap Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi hanya dilakukan untuk jenjang SMP/Mts.

Salah satu tugas pokok dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) adalah melaksanakan akreditasi terhadap Pendidikan SMP/Mts. Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan satuan beserta program PNF berdasarkan atas kriteria yang telah ditetapkan. Untuk menilai kelayakan tersebut disusun instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, yang mencakup 8 (delapan) standar, yaitu:
1) Standar Kompetensi Lulusan,
2) Standar Isi,
3) Standar Proses,
4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
5) Standar Sarana dan Prasarana,
6) Standar Pengelolaan,
7) Standar Pembiayaan dan
8) Standar Penilaian Pendidikan.

Khusus SMP/Mts, Standar Kompetensi Lulusan menggunakan istilah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP). Instrumen akreditasi digunakan untuk memeroleh data berkaitan dengan 8 (delapan) SNP yang menggambarkan kondisi SMP/Mts secara obyektif. Untuk itu, instrumen ini harus diisi oleh pengelola SMP/Mts atau pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan SMP/Mts. Jawaban terhadap pertanyaan/pernyataan harus sesuai dengan prosedur akreditasi SMP/Mts yang telah ditetapkan oleh BAN-PNF
Dengan adanya Instrumen Perangkat Akreditasi ini agar lebih memudahkan dari segi persiapan bagi Sekolahnya yang akan menghadapi Proses Penilaian Akreditasi dari Lembaga Penilai, maka jangan sampai terlewatkan hal-hal yang sangat penting dalam mempersiapkan Perangkat Akreditas Sekolah anda.
Klick here...!!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔