Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pengayaan

7:21 PM

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pengayaan

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pengayaan - Dalam praktik Proses Belajar Mengajar (PBM) di lapangan, sering kita menjumpai adanya peserta didik yang lebih cepat dalam mencapai Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan penguasaan materi pelajaran yang telah ditetapkan. Peserta didik kelompok ini tidak mengalami kendala atau kesulitan dalam memahami materi pembelajaran serta dalam hal mengerjakan tugas-tugas atau latihan dan menyelesaikan soal-soal ulangan sebagai indikator penguasaan kompetensi. Peserta didik yang telah mencapai kompetensi lebih cepat dari peserta didik lainnya bisa mengembangkan dan memperdalam kecakapannya secara optimal melalui Pembelajaran Pengayaan. Hal ini sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi dan pembelajaran tuntas, peserta didik yang lebih cepat mencapai kompetensi yang telah ditentukan perlu diberi Pembelajaran Pengayaan.

Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pengayaan
Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pengayaan

Download Juga :

Pembelajaran Pengayaan adalah pembelajaran tambahan yang memberikan tujuan supaya peserta didik yang mempunyai kelebihan sedemikian rupa mendapatkan kesempatan pembelajaran baru sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan minat, bakat, dan kecakapannya.

Sebelum memberikan Pembelajaran Pengayaan, terlebih dahulu pendidik harus mengidentifikasi kelebihan-kelebihan yang dimiliki peserta didik. Banyak teknik yang dapat digunakan, antara lain menggunakan tes, wawancara, pengamatan, dan sebagainya. Setelah diketahui kelebihan yang dimiliki, peserta didik diberikan Pembelajaran Pengayaan. Bentuk Pembelajaran Pengayaan misalnya pembelajaran kelompok, belajar mandiri, pembelajaran tematik, dan pemadatan kurikulum.

Bentuk-bentuk pelaksanaan Pembelajaran Pengayaan dapat dilakukan antara lain melalui:

1. Belajar Kelompok
   Sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan pembelajaran bersama pada jam-jam pelajaran sekolah biasa, sambil menunggu teman-temannya yang mengikuti pembelajaran remedial karena belum mencapai ketuntasan.

2. Belajar mandiri
    Secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati.

3. Pembelajaran berbasis tema
    Memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu.

4. Pemadatan kurikulum
    Pemberian pembelajaran hanya untuk kompetensi/materi yang belum diketahui peserta didik. Dengan demikian tersedia waktu bagi peserta didik untuk memperoleh kompetensi/materi baru, atau bekerja dalam proyek secara mandiri sesuai dengan kapasitas maupun kapabilitas masing-masing.


Ada tiga jenis Pembelajaran Pengayaan, yaitu:

1. Kegiatan eksploratoriyang bersifat umum yang dirancang untuk disajikan kepada peserta didik. Sajian dimaksud berupa peristiwa sejarah, buku, tokoh masyarakat, dsb, yang secara regular tidak tercakup dalam kurikulum.

2. Keterampilan prosesyang diperlukan oleh peserta didik agar berhasil dalam melakukan pendalaman dan investigasi terhadap topik yang diminati dalam bentuk pembelajaran mandiri.

3. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan belajar lebih tinggi berupa pemecahan masalah nyata dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah atau pendekatan investigatif/ penelitian ilmiah.

Pemecahan masalah ditandai dengan:
a. Identifikasi bidang permasalahan yang akan dikerjakan;
b. Penentuan fokus masalah/problem yang akan dipecahkan;
c. Penggunaan berbagai sumber;
d. Pengumpulan data menggunakan teknik yang relevan;
e. Analisis data;
f. Penyimpulan hasil investigasi.

Sekolah-sekolah tertentu, khususnya yang memiliki peserta didik lebih cepat belajar dibanding sekolah-sekolah pada umumnya, dapat menaikkan tuntutan kompetensi melebihi standar isi. Misalnya sekolah-sekolah yang menginginkan memiliki keunggulan khusus.

Demikian uraian singkat mengenai Pembelajaran Pengayaan. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan Bapak/Ibu Guru silahkan download filenya pada link di bawah ini yang telah admin siapkan. Semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.



Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pengayaan


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔