Contoh RPP Notasi dan Nilai Fungsi Matematika SMP Kelas 8 KTSP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan           : SMP Negeri 3 Cisompet
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                 : VIII/ Ganjil
Alokasi Waktu                  : 2 x 40’ 
A.      Standar Kompetensi
1.      Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B.       Kompetensi Dasar
1.4   Menentukan Nilai Fungsi
C.      Indikator
1.      Merumuskan rumus fungsi
2.      Menghitung nilai fungsi
D.      Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat merumuskan rumus suatu fungsi
2.   Siswa dapat mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menentukan nilainya
E.       Materi Ajar
Notasi dan Nilai Fungsi
F.       Metode Pembelajaran
Strategi     :  Pendekatan Kontekstual
Model       :  Pembelajaran Langsung dan Kooperatif
Metode     :  Tanya Jawab, Diskusi dan Pemberian Tugas
G.      Langkah-langkah Kegiatan 
No 
 |   
Kegiatan 
 |   
NIlai 
 |   
Alokasi Waktu 
 |  
1 
 |   
Kegiatan Awal 
a.         Mengucapkan salam 
b.        Berdoa sebelum belajar dimulai 
c.         Mengecek kehadiran siswa 
d.       Apersepsi :     
-            Mengingat kembali materi yang sudah   dipelajari sebagai syarat untuk mempelajari materi berikutnya  
e.   Motivasi :     
-   Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya   mempelajari materi ini 
-         Menginformasikan strategi pembelajaran   yang akan dilaksanakan yaitu Pendekatan Kontekstual 
f.         Introduksi : 
-  Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan 
-  Memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari 
 |   
Sopan santun 
Religius 
Disiplin 
Teliti 
Rasa ingin tahu 
Rasa ingin tahu 
Rasa ingin tahu 
 |   
10 menit 
 |  
2 
 |   
Kegiatan Inti 
Eksplorasi 
v Menjelaskan   cara menghitung nilai peubah fungsi jika nilai variabel berubah 
Elaborasi 
a.   Meminta   siswa menyelesaikan contoh soal mengenai cara menghitung nilai peubah fungsi  
b.      Meminta siswa mengerjakan   soal latihan pada LKS yang telah disediakan 
c.   Berjalan ke meja siswa untuk melihat pekerjaan siswa 
d.   Memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin bertanya 
Konfirmasi 
v Menyimpulkan   pelajaran hari ini bersama siswa 
 |   
Rasa ingin tahu 
Kreatif 
Kerja keras 
Mandiri 
Disiplin 
Rasa ingin tahu 
Jujur 
Kreatif 
Kerja keras 
 |   
60 menit 
 |  
3 
 |   
Penutup 
§  Memberikan   PR 
§  Meminta   siswa membaca materi selanjutnya di rumah 
 |   
Rasa ingin tahu. 
Kerja keras, disiplin dan rasa ingin tahu. 
 |   
10 menit 
 |  
H.      Sumber Belajar
1.    Buku Sumber  :  LKS dan Buku Paket Relasi dan Fungsi Karangan Muhamad Sidik
2.    Bahan & Alat  :  LKS
I.         Penilaian
No 
 |   
Bentuk Penilaian 
 |   
Jenis Penilaian 
 |   
Instrumen 
 |  
1. 
 |   
Tertulis tipe subyektif 
 |   
Pengerjaan soal 
 |   
KUIS 1 
 |  
KETERANGAN/CATATAN KEPALA SEKOLAH
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Supervisor 
RINA MALIA   CANDRA, S.Sos.,M.Pd. 
NIP. 197102092010012001 
 |   
Cisompet, 8 Oktober   2015 
Guru Mata Pelajaran 
YOSEPH   KURNIAWAN, S.Pd. 
 |  
Mengetahui 
Kepala SMP Negeri 3   Cisompet 
WINARTI,   S.Pd.,M.M.Pd. 
NIP.   195811231979032002 
 |  |
LAMPIRAN-LAMPIRAN  
·         LKS 
·         Jawaban LKS
·         Soal Kuis
·         Jawaban Soal Kuis

L K S
Kerjakan soal-soal di bawah ini dengn tepat dan benar!
1.    Suatu fungsi ditentukan dengan f : x à 5x -3
Tentukan :
 a. Rumus funsi .
  b. Nilai fungsi untuk x = 4 dan x = -1 .
2.    Suatu fungsi dirumuskan  g (x) = -4x + 3
Tentukan :
 a. g ( -2 )
 b. Nilai a jika g (a) = -5
3.    Sebuah fungsi dirumuskan f (x) = x + 1
a. Tentukan f (2) , f (-3) , f ( ½ ) !
b. Tulislah daerah hasilnya !
c . Jika f (a) = 3 maka tentukan nilai a
4.    Diketahui fungsi f (x) = 7x + 2 pada bilangan bulat. Tentukan nilai dari :
a.       f(3)               c.   f(5)                        e.   f(-2)
b.      f(-3)             d.   f(1)
Download Juga :

0 Komentar
Penulisan markup di komentar