Kumpulan Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran
Taman Kanak-Kanak
Kumpulan Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak - ini admin bagikan kepada siapa saja yang membutuhkan khususnya bagi guru-guru yang mengajar di jenjang Taman Kanak-Kanak (TK). Kumpulan Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak berikut terdiri dari kegiatan pembelajaran bidang pengembangan pembiasaan, kegiatan pembelajaran bidang pengembangan pembiasaan fisik motorik, dan kegiatan pembelajaran bidang pengembangan pembiasaan kognitif.
Kumpulan Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak |
Berikut daftar Kumpulan Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran Taman Kanak-Kanak:
Bidang Pengembangan Pembiasaan di TK Kelompok A
Indikator ;
- 1. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
- 2. Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
- 3. Menyebutkan tempat-tempat Ibadah
- 7. Menyebutkan ciptaan Tuhan
- 13. Mengikuti aturan permainan
- 24. Mau berbagi miliknya (makanan, minuman , dll)
- 27. Mengurus diri sendiri dengan sedikit bantuan
- 32. Sabar menunggu giliran
- 38. Mengenal dan menghindari benda-benda yang berbahaya
- 39. Mengenal dan menghindari obat-obat yang berbahaya
Bidang Pengembangan Pembiasaan di TK Kelompok B
Indikator :
- 3. Bersyair bernafaskan agama
- 9. Berbuat baik terhadap sesama makhluk Tuhan I
- 9. Berbuat baik terhadap sesama makhluk Tuhan II
- 30. Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan I
- 30. Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan II
- 32. Menjaga lingkungan
Bidang Pengembangan Pembiasaan Fisik Motorik
Kelompok A
Indikator :
- Bermain dengan simpai
- Merobek bebas
- Menggunting bebas
- Memegang pensil (belum sempurna)
- Melambungkan dan menangkap kantong biji
Indikator :
- Meniru melipat kertas sederhana (7 lipatan)
- Mencocok bentuk
- Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) 15 lubang dengan tali rafia, benang woll
- Memantulkan bola besar, bola sedang, dan bola kecil (diam di tempat)
- Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan
- Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang
- Naik otopet, sepeda roda dua
- Meniru membuat garis tegak, datar,miring, lengkung dan lingkaran
- Berjalan mundur ,berjalan kesamping pada garis lurus sejauh 2- 3 meter sambil membawa beban
- Menangkap, melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (Tenis) dengan memutar badan, mengayunkan lengan dan melangkah
- Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
- Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi
- Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban
- Senam fantasi bentuk meniru
- Meloncat dari ketinggian 30-50 cm
- Memanjat, bergelantung dan berayun
- Menendang bola ke depan dan ke belakang
- Menyusun menara kubus minimal 12 kubus
- Membuat lingkaran dan bujursangkar dengan rapi
- Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough, dan pasir
Bidang Pengembangan Pembiasaan Kognitif
Indikator :
- Mengenal kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat
- Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika warna dicampur
- Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 5
- Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5
- Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya dan yang tidak sama
- Mengelompokkan benda sesuai bentuk-bentuk geometri
- Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana
- Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya
- Mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras dan lain-lain
- Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan
- Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan
Kelompok B
Indikator :
- Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut ciri-ciri tertentu
- Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman
- Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat
- Membedakan macam-macam suara
- Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, jenis, persamaan, dan lain-lain
- Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda
- Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
- Menyusun benda dari besar-kecil atau sebaliknya
- Mencoba dan menceritakan tentang apa yang terjadi
- Mengungkapkan sebab-akibat
- Mengungkapkan asal mula/terjadinya sesuatu
- Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20
- Membilang (mengenal konsep bilangan dengan bendabenda) 1 sampai 10
- Membuat urutan bilangan 1 sampai dengan 10 dengan benda-benda
- Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10
- Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama
- Membuat bentuk-bentuk Geometri
- Mengelompokkan benda-benda tiga dimensi yang berbentuk geometri
- Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang berbentuk sama
- Mengerjakan Maze (mencari jejak) yang lebih komplek (3-4 jalan)
- Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran, dan lain-lain
- Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10
Demikianlah artikel kali ini yang dapat admin sampaikan semoga bisa membantu dan bermnfaat bagi kita semua. Terima kasih.
0 Komentar
Penulisan markup di komentar