Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Jenjang SMP

1:45 PM

Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan 

Satuan Pendidikan Jenjang SMP

Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Jenjang SMP - Sasaran pembangunan di bidang pendidikan antara lain peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, tersedianya kurikulum yang andal, dan tersedianya sistem penilaian yang komprehensif. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 Tentang Rencana Pembangun­an Jangka menengah Nasional 2015­2016. Panduan ini berisi tentang konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yag meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sjuga penilaian oleh satuan pendidikan. Selain itu, dalam panduan ini juga diuraikan tentang tata cara pengisian rapor. Tujuan dari pedoman ini salah satunya adalah untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan  dan melaksanakan penilaian, mengolah  dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan.

Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Jenjang SMP
Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Jenjang SMP

Pengertian Penilaian
Penilaian adalah suatu proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut dilakukan melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian juga harus  dilakukan secara efektif. Oleh sebab  itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak­banyaknya dengan berbagai upaya, akan tetapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat  untuk  menghasilkan keputusan.

Pengumpulan informasi tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masing­masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan  KD sebagai kompetensi minimal  yang harus  dicapai oleh peserta didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus  terlebih dahulu merumuskan sejumlah indikator sebagai acuan penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus menentukan kriteria untuk  memutuskan seorang peserta didik sudah mencapai KKM atau belum.

Prinsip-Prinsip Penilaian terdiri dari:
1.   Sahih
2.   Objektif
3.   adil
4.   Terpadu
5.   Terbuka
6.   Menyeluruh dan Berkesinambungan
7.   Sistematis
8.   Beracuan kriteria
9.   akuntabel

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Jenjang SMP silahkan downlaod saja filenys secara lengkap dalam format PDF sebanyak 168 halaman. Semoga dengan adanya pedoman ini bisa membantu para pendidik juga satuan pendidik dalam merencakan dan melaksanakan penilaian yang terencana dan dapat dipertanggungjawabkan.

Semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.




Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔