Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif

10:00 PM

Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif

Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif - Sudah tahukah Bapak/Ibu Guru semua tentang model-model pembelajaran yang inovatif dan kreatif? Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif sudah selayaknya diketahui, dipahami, dan dilaksanakan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Modelnya pun beraneka ragam, Bapak/Ibu Guru bisa menyesuaikan sesuai dengan topik materi yang akan diberikan. Lantas seperti apa dan bagaimana cara mempraktekkannya di kelas? Simak penjelasan singkat berikut ini.

Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif
Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif
Download Juga :
Model - Model Pembelajaran Inovatif :

A.  Model Examples Non Examples
     
     Contoh dapat dari Kasus/Gambar yang Relevan dengan Kompetensi Dasar
     Langkah-langkah :
  • Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/In Focus
  • Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
  • Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
  • Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  • Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
  • Kesimpulan
B.   Picture And Picture

       Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Menyajikan materi sebagai pengantar
  • Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
  • Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
  • Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
  • Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  • Kesimpulan/rangkuman
C.   Numbered Heads Together
       
      Langkah-langkah :
  • Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
  • Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
  • Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
  • Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
  • Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
  • Kesimpulan
D.  Cooperative Script

      Metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan,         bagian-bagian dari materi yang dipelajari
      Langkah-langkah :
  • Guru membagi siswa untuk berpasangan
  • Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
  • Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
  • Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar : (a) Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap; (b) Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
  • Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
  • Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan guru
  • Penutup
Model - Model Pembelajaran Kreatif :

A.   Role Playing
       
      Langkah-langkah:
  • Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
  • Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
  • Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
  • Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
  • Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
  • Masing-masing siswa duduk di kelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
  • Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
  • Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
  • Guru memberikan kesimpulan secara umum
  • Evaluasi
  • Penutup
B.  Group Investigation (Sharan, 1992)

      Langkah-langkah :
  • Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  • Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
  • Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
  • Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
  • Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  • Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  • Evaluasi
  • Penutup
Demikian penjelasan singkat mengenai artikel tentang Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif. Semoga dengan adanya Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Bapak/Ibu Guru bisa termotivasi untuk memberikan pengajaran yang inovatif juga kreatif demi suksesnya pembelajaran di kelas khususnya dan bagi memajukan dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Bagi yang ingin mendapatkan Model - Model Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif secara lengkap, silahkan download filenya di bawah ini secara lengkap.


Model - Model Pembelajaran Inovatif 


Model - Model Pembelajaran Kreatif

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔